Lollapalooza

Kamis, 28 Oktober 2010

Manusia & Kebudayaan


Manusia dan Kebudayaan mempunyai kaitan yang sangat erat sebagai makhluk nomademen.Manusia hidup dan bermukim di berbagai belahan dunia yang tentunya memiliki kultur dan kebudayaan yang berbeda di setiap tempatnya.
Berikut definisi manusia dan kebudayaan dari berbagai sumber dan pendapat para ahli : 
  1.  Manusia dapat diartikan berbeda-beda menurut biologi, rohani, dan istilah kebudayaan, Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens, sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasa, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologi, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan. Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelamin . Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan.
  2.  Kebudayaan menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.   
  3. Sedangkan menurut saya Manusia dan Kebudayaan mempunyai kaitan yang sangat erat sebagai makhluk nomademen.Manusia hidup dan bermukim di berbagai belahan dunia yang tentunya memiliki kultur dan kebudayaan yang berbeda di setiap tempatnya. 
  4. Hal yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya : Manusia adalah makhluk yang diberikann oleh Allah SWT akal untuk berfikir agar manusia dapat memdakan hal yang baik&buruk bagi dirinya serat bagi orang lain.itulah beda nya manusia denan makhluk lain yang tidak mempunyai akal.
  •  Kultur bangsa timur cendrung masih sangat menjaga nilai-nilai keagamaan yang mereka anut sangat menjunjung tinggi harkat& martabat wanita seperti wanita dilarang keluar rumah hingga larut malam dengan lawan jenis atau menghormati orang yang lebih tua
  • sedangkan kultur bangsa barat cendrung menganut pergaulan bebas mereka mengsampingkan nilai agama dan cendrung tidak peduli terhadap orang-orang di sekitar nya. 
  • Perubahan kebudayaan khusus nya yang terjadi pada bangsa timur disebakan oleh banyak nyak kebudayaan barat yang bersifat negatif masuk melalui berbagai sarana salah satu nya melalui kemajuan teknologi seperti internet telah mempengaruhi mental,sikap,prilaku masyakat timur.
  • Pada zaman sekarang banyak orang yang mengumbar kemesraan di depan umum atau banyak nya masyarakat yang  melupakan kebudayaan bangsa timur yang ramah dan saling menolong dengan kemajuan teknologi mau tidak mau mereka telah dipaksa untuk menjadi mannusia yang individualistik& tidak peduli terhadap keadaan sekitar tentunya perilaku ini sangat bertolak belakang dengan budaya timur yang dikenal ramah & suka menolong.
  • Kita tidak dapat menyalahkan teknologi sebagai penyebab utama yang mendorong perubahan kebudayaan terhadap budaya kita,seharusnya kita sebagai manusia bisa memilah informasi yang baik bagi kita agar tidak terbawa oleh hal-hal yang dapat merusak moral kita sebagai bangsa timur.
          Indonesia sebagai negara yang memiliki kebudayaan yang sangat beragam menjadikannya salah satu negara yang mempunyai warisan terbanyak dalam bidang kebudayaan untuk dunia salah satu waisan kebudayaan Indonesia adalah batik.Batik telah di akui oleh WHO sebagai warisan kebudayaan dunia. Selain batik Indonesia memiliki banyak kebudayaan di berbagai bidang,dalam bidang sandang Indonesia memiliki banyak kain khas dari berbagai daerah di Indonesia seperti : kain tenun,kain songket,kain ikat,dan berbagai motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.Dalam bidang tarian indonesia mempunyai banyak tarian yang berbeda di setiap daerah di indonesia seperti:Pendet,Jaipong,Saman,Yapong, kecak,dan masih banyak lagi.Dalam bidang alat musik indonesia memiliki berbagai alat musik seperti:Angklung,rebab,calung,dll.Dalam bidang makanan indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan kulinernya seperti : rendang,coto makasar,bubur manado,bubur kampiun,dll.
daam bidang senjata tradisional Indonesia juga memiki banyak senjata traisional seperti: Rencong, Badik,Golok,celurit,dll
begitu kaya nya Indonesia juga memiliki rumah adat yang berbeda-beda di setiap daerah nya seperti : rumah joglo,rumah gadang,dll.Kekayaan Indonesia begitu banyak hingga masyarakat Indonesia sendiri tidak menyadari kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Manusia tidak dapat dilepaskan dari Kebudayaan karena kebudayaan merupakan wujud ekspresi manusia pada suatu hal.Dimana tempat menjadi salah satu faktor pembentuk kebudayaan manusia.
Tempat tinggal manusia akan membentuk suatu kebudayaan bagi manusia itu sendiri.Setiap tempat memiliki kebudayaan masing-msing yang berbeda satu sama lainnya.Manusia tidak dapat menolak kemajuan zaman yang terjadi sebagai makhluk yang diberikan akal untuk berfikir oleh Allah SWT seharusnya manusia dapat memilah informasi yang baik & buruk untuk dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar