Sejarah Koperasi :
Pada awalnya bernama Koperasi Simpan Pinjam Pegawai Bank Tabungan Pos (disingkat Kopeg BTP) yang didirikan pada tahun 1961 dengan Badan Hukum No.: 4105 tanggal 16 Maret 1961. Pada tanggal 6 Maret 1982 nama Koperasi Simpan Pinjam Pegawai Bank Tabungan Pos dirobah menjadi Koperasi Pegawai PT. Bank Tabungan Negara, dengan perubahan tersebut, terjadi tambahan dalam anggaran dasar yakni "KOPEG BTN melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup anggotanya" dan berkenaan dengan lahirnya Undang-Undang Koperasi yang baru yakni UU No.: 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, kemudian Koperasi Pegawai PT. BTN (Persero) melakukan penyesuaian dengan isi dan maksud dari Undang-Undang tersebut, namun penyesuaiannya dilakukan jauh setelah Undang-Undang dikeluarkan yakni pada bulan Mei 1997. Perubahan Anggaran Dasar dimaksud cukup signifikan, yakni terutama pada pasal Fungsi, Peran, Tujuan dan Usaha, dimana Koperasi Pegawai PT. BTN (Persero) sebagai Badan Hukum selain tetap menjalankan prinsip-prinsip koperasi juga menyelenggarakan kegiatan usaha, mulai dari simpan pinjam sampai dengan menyelenggarakan perdagangan umum.
FORMASI KOPERASI PEGAWAI BANK BTN
Ketua Umum : Pratomo Harimawan
Sekretaris : Dodiek Agoeng Setyono
Bendahara : Hernawan Dwi Kuntoro
Manager : Agus Djunaedi
Assistant Manager : Nur Susilowati
it
Kepala Unit Umum & Akunting : Nelly Rahmawati
Kepala Unit Usaha Travel : Nurlaela
Kepala Unit Usaha Rental : Pamor Dian
Kepala Unit Usaha Pinjaman : Irma Rista Nelly
Kepala Unit Simpanan & IT : Yuliyono
Kepala Unit Usaha Retail : Elies Tsulistiyah
Bagian Kas dan Bank : Arfianti
Bagian Pinjaman : Dedy Haryandi
Bagian Entry Data : Hendi Rullyanto
& Travel
Tiketing : Dilla Aldilah
A’S Mart
Kasir : Fauzi Rahman
Kasir 2 : Asliyah
TARA’S Café
Kepala operasional : David Arinova
Kasir : Vina Sutiarti
Support : Nur Hidayat
Messenger : Juhanda
Office Girl : Pionah
Produk produk koperasi
01. Pinjaman Barang
02. Pinjaman Uang
- Pinjaman Uang Reguler ( Pinj. s/d 15.000.000)
- Pinjaman Uang Pihak Ke 3 (Pinj. diatas 15.000.000)
03. Simpanan
Unit Usaha Koperasi Pegawai Bank BTN
01. Simpan Pinjam
02. Rental Mobil & Motor
03. Tara's Mart
04. Tara's Cafe
05. Batara Tour & Travel
06. Sewa Foto copy
Ketentuan Pinjaman Uang Anggota Kopeg BTN
A) Pinjaman Dana Kopeg
- Jumlah pinjaman maksimal 15 juta.
- Syarat isi formulir pinjaman dan lampirkan slip gaji terakhir.
- Biaya administrasi 0,5 %
Rumus : {jumlah pinjaman+(jumlah pinjaman x bunga)}/Jangka waktu
Ketentuan bunga / tahun:
12 bulan = 10%
18 bulan = 15%
24 bulan = 20%
Contoh :
Pinjaman sebesar Rp 10.000.000 dengan jangka waktu 24 bulan
|
=10.000.000+2.000.000
Angsuran pokok/bln = 416.667,67
Angsuran bunga/bln = 83.333,33
Jumlah angsuran/bln = 500.000,00
B) Pinjaman Murabahah
Jumlah pinjaman 15.000.000 <
Biaya-biaya : - Biaya Administrasi 0,5%
- Biaya Assuransi
- Biaya Notaris
Syarat : - Isi formulir pinjaman
- Foto copy KTP suami & istri
- Foto copy slip gaji terakhir
- Foto copy SK terakhir
Rumus :
{jumlah pinjaman+ (jumlah pinjaman x bunga)}/Jangka waktu
Ketentuan bunga/tahun = 12%
Formulir bisa di dapatkan di :
- Kopeg BTN Gedung Menara BTN Lt.12
Contact
Kantor:
Gedung Menara Bank BTN Lantai 12
Jl. Gajah Mada No 01 - Jakarta Pusat
10130
Gedung Menara Bank BTN Lantai 12
Jl. Gajah Mada No 01 - Jakarta Pusat
10130
Kuisoner :
1. Data responden mohon diisi, atau dipilih dengan cara member tanda silang (X), sesuai identitas anda
2. Pertanyaan – pertanyaan dalamkuisoner, mohon direnungkan baik-baik kemudian dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawaban sesuai dengan jawaban anda
3. Adapun arti jawaban anda sebagai berikut :
· Sangat Puas = 5
· Puas = 4
· Cukup Puas = 3
· Kurang Puas = 2
· Tidak Puas = 1
Analisis Kualitas Pelayanan:
1. Dalam kegiatan koperasi kopeg BTN sudah melakukan pelayanan yang ramah terhadap konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
2. Dalam kegiatan Kopeg BTN telah cepat dan tepat dalam melayani konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
3. Dalam kegiatan Kopeg BTN telah cepat dan tepat dalam menanggapi keluhan konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
4. Dalam melakukan kegatan Kopeg BTN telah melakukan komunikasi yang efektif terhadap konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
5. Dalam melakukan kegiatan Kopeg BTN melakukan perhatian secara individual terhadap konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
6. Dalam melakukan kegitan Kopeg BTN talah memperhatikan kebutuhan konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
7. Dalam melakukan kegiatan Kopeg BTN telah mempunyai kelengkapan sarana &prasarana yang memadai
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
8. Kebersihan & kerapihan Kopeg BTN sudah bagus
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
d. Cukup Puas
9. Kopeg BTN telah melakukan penataan eksterior & Interior ruangan yang menarik konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
10. Kopeg BTN telah menggunakan AC
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
11. Dalam melakukan kegiatan Kopeg BTN menjual produk yang bervariasi
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
12. Dalam melakukan kegiatan Kopeg BTN menjual produknya dengan harga yang kompetitif
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
13. Dalam melakukan kegiatan Kopeg BTN memberikan reward kepada konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
14. Dalam melakukan kegiatan Kopeg BTN telah memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
15. Dalam melakukan kegiatan Kopeg BTN talah memberikan keamanan kepada konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
16. Dalam melakukan kegiatan Kopeg BTN memberikan promosi untuk menarik konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
17. Kopeg BTN menata produk sesuai klasifikasi produk
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
18. Kopeg BTN memberikan diskon kepada konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
19. Kopeg BTN Mencantumkan harga produk
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
20. Kopeg BTN memberikan penjelasan yang jelas kepada konsumen
a. Sangat puas d. Kurang Puas
b. Puas e. Tidak Puas
c. Cukup Puas
Kotak Jawaban
No | Sangat Puas | Puas | Cukup Puas | Kurang Puas | Tidak Puas |
1 | ü | ||||
2 | ü | ||||
3 | ü | ||||
4 | ü | ||||
5 | ü | ||||
6 | ü | ||||
7 | ü | ||||
8 | ü | ||||
9 | ü | ||||
10 | ü | ||||
11 | ü | ||||
12 | ü | ||||
13 | ü | ||||
14 | ü | ||||
15 | ü | ||||
16 | ü | ||||
17 | ü | ||||
18 | ü | ||||
19 | ü | ||||
20 | ü |
Kesimpulan :
Berdasarkan table diatas konsumen puas terhadap kinerja Kopeg BTN.
ni siapa ya? saya hendy mantan karyawan kopeg BTN.
BalasHapusSeandainya anggota koperasinya bisa untuk masyarakat umum?
BalasHapus