Lollapalooza

Selasa, 02 November 2010

Manusia dan penderitaan

          Penderitaan adalah kesulitan yang tak kunjung ada jalan keluarnya.Penderitaan bisa dimaknai sebagai ujian dari Allah SWT kepada umatnya yang dicintai-NYA bagi orang yang beriman mereka akan tetap tabah dan selalu berdoa kepada Allah agar mereka diberikan kesabaran&kemudahan dalam menjalani nya.orang seperti itulah yang akan berhasil melalui ujian yang diberikan dari Allah dan akan dinaikan derajatnya oleh Allah SWT.Sedangkan bagi orang yang tidak beriman mereka menganggap Allah SWT tidak menyangi mereka,tidak menganggap nya sebagai suatu ujian.Berbagai macam penderitaan yang dialami oleh manusia mulai dari
  • Penderitaan Medis seperti menderita suatu penyakit tertentu.Banyak orang yang diberikan kelimpahan materi oleh Allah tetapi tidak bahagia dalam hidupnya mereka banyak yang menderita penyakit kronis seperti jantung,ginjal,kanker,dll.fakta ini membuktikan bahwa uang bukan lah segala nya manusia hidup memerlukan uang tetapi bukan berarti hidup untuk uang karena uang tidak dapat memberi kebahagiaan.
Berikut adalah firman Allah yang menjelaskan bahwa manusia harus berusaha dalam hidupnya:
surat Al-Inshiqaq:84:6

84:6 
Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya 
  •      Penderitaan Psikis : Penderitaan yang dialami oleh seseorang yang tidak bisa menikmati hidupnya biasa  mereka tidak penah puas atas apa yang telah mereka dapatkan sehingga si penderita selalu hidup dalam kekurangan padahal ia sudah memiliki segalanya.Penderitaan psikis dapat disembuhkan hanya bisa apabila si penderita mau berubah dan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pecipta dengan cara seperti itulah kita dapat terhidar dari penderitaan psikis.
         Siksaan dapat diaratikan sbagai balasan atau ganjaran yang akan diterima jika kita melakukan dosa atau kesalahan yang besar.
  • Phobia : ketakutan yang berlebihan pada sesuatu.
Siksaan Yang Sifatnya Psikis :
  1. Kebimbangan : bentuk keragu-raguan seseorang dalam mengambil keputusan
  2. Kesepian        : Perasaan yang dialami seseorang diman dia merasakan sepi dalam dirinya atau jiwa nya walaupun lingkungan sekitarnya ramai
  3. Ketakutan       : Perasaan diamana seseorang merasa was-was atau khawatir yang berlebihan sehingga menimbulkan siksaan batin.
Penyebab seseorang merasakan ketakutan:
  1. Adanya rasa khawatir yang berlebih pada sesuatu.
  2. Memikirkan sesuatu yang sebenarnya pada kenyataan nya tidak ada.
  3. Rasa cinta kepada sesuatu barang atau hal lain sehingga timbul rasa takut kehilangan.
Kesimpulan :
Penderitaan atau kebahagian seseorang tidak hanya dapat diukur dari banyaknya harta yang dimilikinya tetapi juga dilihat dari cara orang tersebut  menghadapi dan menyikapi berbagai persoalan dalam hidup secara sabar dan selalu tawakal   kepada Allah SWT dengan begitu dia akan mendapat kan kebahagian dalam hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar