Lollapalooza

Rabu, 17 November 2010

Manusia & Tanggung Jawab


Pengertian Tanggung Jawab :
Menurut saya tanggung jawab adalah kesadaran dalam diri sesesorang dalam mengerjakan suatu kewajiban.tanpa ada nya kesadaran suatu kewjiban tidak akan terlaksana dan manusia manusia yang tidak mempunyai kesadaran dalam diri nya berarti ia tidak memiliki tanggung jawab terhadap diri nya maupun orang lain. Tanggung jawab tidak hanya kepada diri sendiri dan orang lain tetapi juga terhadap Tuhan berikut macam-macam Tanggung Jawab yang terbagi menjadi 5 : 
1)      Tanggung jawab terhadap diri sendiri :
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap individu untuk memenuhi kewajibannya untuk  bisa memecahkan masalah-masalah pribadinya. 
2)      Tanggung jawab Terhadap Bangsa dan Negara :
Sebagai warga Negara kita terikat oleh norma-norma atau aturan-aturan yang dibuat oleh negara. Setiap warga negara tidak dapat berbuat semaunya sendiri.
Bila perbuatan warga negara itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara. 
3)      Tanggung JawabTerhadap Tuhan :
manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci.Manusia harus menjaga sikap dan perilakunya agar terhindar dari dosa yang mengakibatkan manusia mendapat hukuman dari Tuhan. 
4)      Tanggung Jawab Terhadap Keluarga :
Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya menjaga  nama baik keluarga. Dan juga tanggung jawab yang meliputi kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan. 
5)      Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat :
Manusia adalah makhluk sosial oleh karena itu manusia  tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain.Dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat.Contoh:Kita bertanggung jawab menjaga keharmonisan dan kerukunan dalam hidup bermasyarakat kuncinya agar kita dapat hidup harmonis dalam bermasyarakat adalah degan saling menghormati antar anggota masyarakat dengan begitu tidak akan ada kesalah pahaman yang dapat merusak kehidupan dalam bermasyarakat.

Pengabdian dan Pengorbanan :
Pengertian Pengabdian :
Pengabdian adalah perbuatan baik berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan terhadap suatu hal yang sedang kita jalani dan dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab.
 Pengorbanan
 Pengorbanan berasal dari kata korban atau qurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian yang tulus. Dengan demikian pengorbanan bersifat itu mengandung nsure keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar